«

»

Jun 11 2015

Print this Post

Kegiatan Praktek Lapangan II Madya Praja

Akhirnya Pelaksanaan Kegiatan Praktek Lapangan II Madya Praja yang berlangsung dari tanggal 11 Mei – 9 Juni 2015 di Kota Singkawang telah berakhir. Kegiatan Praktek Lapangan II ini di laksanakan di 5 Kecamatan dan 26 Kelurahan Kota Singkawang Kalimantan Barat yang ikuti oleh 97 orang Madya Praja yang terdiri dari. Selama Pelaksanakan Praktek Lapangan ini Madya Praja melaksanakan tugas yang hampir menyentuh semua lapisan masyarakat dan kegiatan Administrasi di Kelurahan dan Kecamatan.

Keberhasilan Praktek Lapangan ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah Daerah Kota Singkawang sampai jajarannya di tingkat Kelurahan termasuk peran induk semang yang memberikan pelayanan yang telah bersedia memfasiltasi makan Praja selama melaksanakan Praktek Lapangan ini. Induk Semang ini selama Praktek Lapangan berjumlah 30 orang yang sangat berperan membantu Praja dalam kegiatan Koordinasi di Lapangan termasuk tugas-tugas pengantaran di lokasi Praktek Lapangan yang tersebar di 26 Kelurahan dan 5 Kecamatan.

Praja juga mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembenahan kegiatan persiapan penilain lomba Adipura dan Kalpataru diantaranya Pembenahan Data Kelurahan dan Kecamatan dan kegiatan Gotong Royong, Penanaman Pohon Bakau dan Pembersihan area Pantai Bakai di wilayah Singkawang Utara. Disamping itu juga Praja Putri telah menunjukkan kemampuannya melaksanakan demonstrasi Lomba Masak Menu Nusantara wilayah asal kontingen Praja yang di laksanakan di Sekretariat Daerah Kota Singkawang.

Disamping itu para Praja aktif melakukan sosiliasi kepada sekolah SMP dan SMA tentang pendidikan di IPDN serta pemberian informasi persyaratan masuk di IPDN yang di laksanakan  oleh pihak Kepala Sekolah SMP dan SMA yang ada di Kota Singkawang. Dalam Apresiasi Budaya Praja di ikutsertakan dalam kegiatan Pekan Gawai Dayak untuk meramaikan kegiatan Karnaval Gawai Dayak di kota Singkawang.

Inti dari Pelaksanaan Praktek Lapangan II  Madya Praja ini adalah memahami lingkungan kerja di bidang Pemerintahan di tingkat Kecamatan dan Kelurahan serta mampu mengimplementasi Pengetahuan yang didapat di Kampus untuk di aktualisasikan ke dalam kegiatan Praktek Lapangan. Pada akhirnya penarikan kegiatan Praktek Lapangan di akhir dan  di serah terimahkan kembali oleh Walikota Singkawang yang diwakili oleh Asissten III Pemda Kota Singkawang kepada  Direktur IPDN Kampus Kalbar yang dihadiri pula oleh para Purna Praja yang ada di Kota Singkawang. Berikut dibawah adalah Kegiatan selama Praktek Lapangan II di Kota Singkawang :

 

Permanent link to this article: http://kalbar.ipdn.ac.id/?p=565

Leave a Reply