Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Institut Pemerintahan Dalam Negeri IPDN Kalbar Sosialisasi Tak Berkategori

Praktik Magang II – IPDN Kampus Kalimantan Barat Menyongsong Era Transformasi Birokrasi Melalui Optimalisasi Pelayanan Publik di Bumi Daranante

Kamis, 22 Februari 2024 – Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka memberikan pembekalan magang kepada Satuan Praja Muda Angkatan XXXIII IPDN Kampus Kalimantan Barat. Direktur IPDN Kampus Kalimantan Barat, Azharisman Rozie menyambut kunjungan Sekda Kabupaten Sanggau dengan antusias. Azharisman menekankan pentingnya pembekalan magang ini sebagai peluang untuk mendapatkan wawasan baru. Praja diharapkan dapat berinteraksi langsung dengan pejabat kabupaten untuk mendapatkan informasi yang berharga terkait pelaksanaan magang, “teori tanpa praktek seperti menara gading”, ujarnya.

Dalam pemaparannya, Kukuh menyoroti transformasi birokrasi menuju digitalisasi. Beliau mengungkapkanSanggau telah mengimplementasikan pelayanan PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) sebagai upaya penguatan pelayanan di kecamatan. Kukuh juga menyampaikan bahwa pelayanan PATEN diikuti dengan sistem reward and punishment untuk mendorong kinerja aparatur.

Praja yang ditempatkan di kecamatan akan berhadapan langsung dengan sistem pelayanan dilapangan,dengan berbagai tantangan birokrasi yang ada. “Kami berharap praja IPDN dapat belajar dan berkolaborasi serta memberikan inovasi dalam pelaksanaan magang nantinya”, ujar kukuh. Dalam pemaparannyadiungkapkan bahwa sanggau memiliki potensi pariwisata yang menarik, terutama keberagaman wisata alam, termasuk wisata air panas di Kecamatan Jangkang yang berjarak kurang lebih 70 km dari Sanggau.Pembekalan magang ini merupakan langkah awal bagi praja untuk melaksanakan kegiatan magang II dan sebuah pondasi bagi praja agar siap menghadapi dinamika birokrasi masa depan.

Penulis : Ayasha

Editor : Zamhir Islami, Sabrina, Rizqan h, Ts. Silverius

Foto Bersama Sekda Sanggau

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *